Pengalaman Konser BTS The Wings Tour in Jakarta (The Concert)



Halllo! Its been a long time!  kali ini gue pengin review tentang my first concert ever, BTS The Wings Tour In Jakarta, say yeay!!! Karena ini konser pertama sepanjang perjalanan per k-popan gue jadi harap maklum kalo noraknya bukan main, hehe.

Note : gue niat banget pengin bikin review ini, sampe  udah vidioin momentnya dari pertama di mobil sampai akhirnya masuk venue ( tapi gue nggak rekam konsernya ya, pengin dinikmati doang) tapi sayang oh sayang sampe kosan memori card gue rusak alhasil semua jejak rekaman ilang tanpa sisa satupun, hahah pengin nangis tapi yasudahlah mau gimana lagi. Jadi beberapa gambar ataupun video di postingan ini not my own ya, tapi gue  kasih credit kok.

Namanya aja konser pertama, jadi noraknya gak bisa dikendalikan lagi ya, apalagi sejarah gue suka sama BTS gak cuma suka karena suka doang, jadi feel mau ketemu motivator hidup kerasa banget sampe gue udah uring- uringan gak bisa tidur, gak selera makan, sampe males kuliah ahahaha. Apa semua orang gini kalo baru pertama kali nonton konser? Euwwh ok gue norak.

Kesulitan gue saat itu, sebagai manusia norak yang belum pernah mampir konser di ICE BSD adalah kelimpungan nyari postingan orang – orang tentang transportasi menuju dan dari ICE BSD. In case suatu hari ada konser dan kalian butuh petunjuk  (?) buat ke konser jadi gue tulis disini ya.


Jabodetabek itu rame dan gak perlu takut gak ada kendaraan, tapi salah banget kalo hal ini gak dipersiapin sebelumnya. Pengalaman gue kemarin pengeluaran terbanyak justru di transport loh, kalo gak diperhitungkan bener – bener bisa sakit dompet after konser. Kalo kamu pengguna transport umum, bisa pake KRL dari arah manapun dan turun di stasiun terdekat, di stasiun Rawa buntu.  Asli satasiun ini sepi banget dan jangan keder karena akses pintu keluarnya ada dua bikin orang yang gak paham kaya gue makin gak paham. Kalo gue kemarin nyebrang arah datang kereta terus naik lewat tangga, jadi naik terus nanti ketemu sama jalan raya baru dari sini kalian bisa pake angkot atau biar lebih gampang pesen aja transportasi online kalo rame- rame enak bisa iuran.  


Dari sini gak terlalu jauh, kalo lagi tarif normal biasanya sekitar 10 s.d 15 ribu tap kalo lagi kena dinamis bisa sampe 36rb duh duit kan? Kalo kalian domisili Jakarta bisa pake  dari Jakarta langsung dan ini wow harus bgt rame rame karena pasti kena tarif dinamis, kemarin gue 150rban dari jakpus ke ICE, belum kena tol 7-36 ribu, kalo dapet drivernya baik bisa diakalin sama drivernya kayak gue kemarin nah sialnya kalo dapet driver yang kurang baik duh tapi ya bagaimana lagi namanya nonton konser yang free numbering harus banget datang sepagi mungkin kalo pengin dapet line paling depan, jadi mau giman lagi?


Baliknya lebih harus diperhatiin lagi, namanya transportasi online jadi rebutan banget bisa dapet aja syukur, itu juga kena tarif dinamis yang bisa bangkak sampe 330rb blm sama tol, belum lagi macet dan pasti jalan ditutup polisi jadi siap - siap nunggu lama ya. Kalo saran gue  mending pake jasa tour gitu deh selain lebih murah dan pasti banyak dapet benefit, kita gak perlu repot kawatir gimana baliknya pas konser selese. Tapi kekuranganya, namanya tour yang ikut banyak orang jadi ya siap siap dateng ngaret dan gak dapet line depan karena lo harus sesuain kepentingan orang lain.


Masalah makanan juga, sekalipun kalian bawa makanan kemungkinan besar udah gak minat buat makan apalagi kalo free numbering duh, jangankan makan kepikiran minum aja enggak, jadi lebih baik bawa cemilan yang bikin fresh satu , minum, dan satu makanan yang bikin kenyang in case buat nyimpen tenaga kamu.  Karena gak ada gunanya dong udah antri dari pagi tapi tenaga kamu abis pas masuk venue alhasil mau seneng seneng malah sakit kan? Bawa aja roti, sempilin di tas toh petugas males grepe grepe tas kamu yg isinya penuh ini- itu kan? Atau kalo takut usahaain makan roti sebelum masuk venue banget jadi makanan gak kebuang sebelum disita, key? Kalau menurut gue yang gak kalah penting adalah peppermint, yup buat orang – orang kayak gue yang gak kuat berdiri lama takut kena migren atau keliyengan mending sedia peppermint deh soalnya efektif banget buat ngurangin pusing sama mual.


Vitamin is a must! Apalagi sebelum konser pasti kalian udah diserang syndrome males ngapa ngapain males makan dan kurang tidur, jangan sampe kayak kemarin banyak banget yang drop dan pingsan after konser, temenku sampe nemu orang di luar venue loh di pingsan tapi gak ada yg sadar, ngegeletak gitu di deket hall tempat istirahat, duh ngeri kan? Apalagi kalo kalian ngambil yang festival/ standing gak boleh sampe drop! Jangan sampe pingsan ya! Obat – obatan wajib banget, bawa yg sekiranya bakal kamu butuhin, dan perhitungkan kapan harus diminum karena you know akses toilet bakal crowded banget. Abis makan kalo ngerasa gak sehat minum obat jangan nunggu gak bisa ditahan lagi, dua jam sebelum masuk venue antri toilet ya buang semua hal hal gak berguna di perut yang bakal ganggu jalanya konser! Kenapa harus dua jam? Perhitungin lagi betapa penuhnya toilet ya, karena gue kemarin sampe antri satu setengah jam, dari gak kebelet sampe akhirnya kebelet banget, hehe gak nyesel deh udah ngantri duluan.


The Concert!


How about the concert? DAMN ITS SO DAMN LIT GUYS! 


Gue dari kosan jam 5 am yang artinya gue kesiangan banget buat seukuran tim antri pagi, haha. Berhubung Grabcar kena tariff dinamis akhirnya gue pake gocar yang ternyata dapet drivernya baiiiik banget. Pas banget baru masuk mobil si bapaknya langsung nanya “nonton konser siapa?” belajar dari pengalaman pas nuker tiket drivernya gak kenal siapa BTS, kita jawablah Korea pak. Nah,bapaknya nanya “Siapa?” “BTS” ternyata bapaknya mantan orang ticketing konser. Kenapa gue bilang bapaknya baik banget?  Karena dia ngebiarin kita ngafalin fanchant dan malah ikut ikutan haha, sepanjang jalan kita ngafalin dari not today sampai kim namjoon kim seokjin min yoongi jung hoseok park jimin kim taehyung jeon jungkook BTS! bapaknya Cuma ketawa ketwa dan gak protes sama sekali malah ikutan nanya nanya ahaha, bahkan bapaknya juga ngasih alternative biar jalan cepet dan Cuma lewat satu tol  karena takut kita kesiangan dapet line belakang. Alhasil sekitaran jam 6 kurang kita nyampe dan antrian udah crowdeeeed banget ya ampun gue sampe melongo harus jalan ke hall 6 padahal cek tiket di hall 2 yah nyesel deh gue gak  nginep aja hahaha.

Its freaking crazy guys

Tapi gak lama anterian mulai jalan kok, dan atmosfernya gue sukaaa banget. Army dimana – mana, padahal biasanya gue tiap pulang pergi kuliah kerja gak nemuin yang namanya army nyecer di jalan, kemanakah kalian selama ini ? 


Sekitar jam 9/10 antrian sampe hall 3 yang artinya lumayan deket sama hotel santika. And something amazing happen, diluar ini bener apa enggak, tapi gara gara salah satu army di barisan depan ngeliat orang ngelambai nongol dari lantai 4/5 HS kita semua jadi histeris haha. Its freaking nonsense apalah artis sekelas mereka stay di HS tapi tetep aja gue ikut histeris, dan semua army pun teriak teriak histeris lambai – lambai tangan kearah hs berharap dinotice orang yang mungkin oppa. Baru reda bentar ada dua orang yang nongol lewat jendela kamar sampingnya, kalo emang bener itu member ya paling jimin sama yoongi karena badan mereka kecil haha kali ini gue ikutan histeris dan hancur leburlah semua antrian duuuh antara kesel sama happy kita teriak teriak gak jelas, yang terakhir dari lantai atasnya muncul sesosok orang berbaju merah haha mungkin karena denger kita berisik doi jadi penasaran ada apa jadi nongolin muka gitu, dan di fotoin kita dong kebayang gimana gak tambah histeris kita aww bodo amat dia bangtan atau bukan yang penting histeris aja dan ini terbukti bikin kita yang udah layu jadi fresh lagi. Kalo diliat dari postur mungkin kalo bukan jin ya hoseok baby sih, wallahu a’lam. Kita nungguin tuh kali aja bts ngtweet sesuatu ternyata dang dang… enggak hahaha. 


Maka lanjutlah kita antri dengan tumakninah sampe matahari diatas kepala.  Tapi jujur aja moment teruiak bareng bareng ini adalah moment paling berkesan, karena disini pertama kalinya gue sadar gue dan bangtan sedeket ini, Cuma terpisah tembok dan oksigenya masih rebutan eaaaaaa.

Oppa! Oppa!

Hal berkesan lainya, selama antri gue nggak nemuin sifat army yg ngeselin yg kata orang orang ini itulah. Kita gak pernah rebutan barisan, artinya kalo ada yg bawa temen telat nggak pernah ada yg nyeplosin eh ini barisan gue lo antri dari belakang sana, kalo keinjek atau apalah yang ada kita rebutan minta maaf, kalo ditanya juga ramah, pada berbagi makanan, minum, kadang ada yang tukeraan breebies krn gak dapet sesuai bias, dan wow gak ada yg bau badan! Sumpah wangi wangi banget! Kalopun ada army yg salty yah paling satu dua yang belum mengerti kerasnya hidup hehe

ARMY YOROBUN!

Sekitar jam 12an tiketku akhirnya discan dan dipotong (?) yeaaaaaah! Terus masuklah ke barisan selanjutnya buat masuk ke hall 1 dikumpulin biar lebih teratur. Setelah setengah jam antri akhirnya kita bisa masuk hall 2 dan duduk manis di ruangan dingin setelah drama- drama ribut sama security tentang pembagian mana yang antrian benefit sama mana yang regular, bodo amat deh yang penting sekarang duduk manis.


Disinilah kita dibarisin sesuai section, gue section blue dan gue kaget karena barisan blue masih sepi banget gak kaya barisan lain  ahahahha larilah gue sekuat tenaga menuju section blue. Ada dua orang yang ngebagiin gelang tangan gitu, gue kira gelang biasa ternyata ada nomernya gitu. Langsunglah pada protes INI MAH SAMA AJA NUMBERING SEAT ah gila gue juga panas! Gue gak mau duduk di belakaaaaaag! Tapi ternyata ini Cuma nomer tapi pas didalem bebas mau duduk di mana yha sama aja sih Cuma ya sedikit adil lah buat yang datang duluan mana yang datang belakangan, pas gue lihat barisan belakang gue yha alhamdulillah barisa gue masih kepala satu. Disini kita dibebasin mau ngapain aja, karena ada foodtruck segala kalian boleh makan dan boleh ke toilet asal gak ngeluh antrianya maaan.


Mulailah dibagiin perkakas buat fanproject and fyi gue gak dapet spring rose haha, meskipun bukan official project tapi kan lumayan buat pegangan. Lagi sibuk sibuknya ini itu munculah suara dari dalan GOD DAMN IT SOUNDCHECK! AAAAAK gue histeris begitu sadar gue SEATEP sama bangtan dan kita cuman dibatesin tembok aaaaaaak bocah- bocah army gila mulai teriak fanchant dan ikutin nyanyi pas mereka soundcheck.  Disini gue pertama kalinya denger suara mereka secara langsung dan be like ya allah gue nyaris mati iniiiiiii apalagi waktu solo stage  shudhafyggafyk. Hal paling ngeselin waktu kita udah pada mulai adem dan terbiasa denger suara bangtan tiba-tiba namjoon teriak dari dalem ARMYYY YEEEEAH GUE KESURUPAN seketikaaaa anjir dinotice teriakan dan fanchant kita dari hall 2 akajhfakgfhfgsy. Gue seneng banget, gue langsung kenyang dan gak kelaperan padahal gue lagi antri di foodtruck, tapi gue tetep beli makanan deng hehe.


Barisan sempet berantakan ketika tiba –tiba sekitar jam 4 kurang gate dibuka, gue kira ada member nongol atau apa gue ikuitan histeris ternyata mereka pada hype karena pintu ke hall 3 udah dibuka. Alhasil barisan berantakan dan gak berfaedahlan nomer –nomer yang ditulis tadi. Gue kesel, emosi, orang orang ricuh, apalagi mereka yang merasa datang pagi. Awalanya gue adem bae tapi begitu liat orang di depan gue nomernya kepala empat gue jadi ikut kesel ASTAGA GUE DATENG SUBUH WOY gitu teriak orang – orang. Panitia gak tau kemana, orang ribut masing – masing, dari dalem muncullah crew dan bareng bareng kita teriakin doi hahah lucu juga dibayanginya. Akhirnya karena panitia gak tau pada kemana kita atur sendiri barisan dariawal banget diatur lagi dari gigit satu sampe yang ribuan, bayangin betapa capeknya mereka yang sukarela ngatur barisan dari awal lagi, ini makan waktu banget woy.


Section gue sih gampang banget diatur, tapi gue kasian sama section apa gue gak tau mereka di ujung kanan banget dan ngatur mereka itu lama banget mungkin Karena banyak orang dan kita udah pengin banget open gate Karena udah nyaris jam 5 banget. Lucunya section gue pada pegangan pundak army depanya jadi kayak uler naga gitu  ugh ini momet lucuk banget sih, jadi alhasil kita lebih gampang diatur dan rapi.  Berhubung gate gak dibuka – buka kita udah mulai teriak BTS BTS BTS OPEN GATE OPEN GATE OPEN GATE haha seru banget asli.  Sampe akhirnya sekitar Jam setengah 6 kurang  gate dibuka,bayangin betapa senengnya gue yang norak ini hahahaha, that was the most beautiful moment in my life!


Gue gak tau kedaan dibelakang barisan gue, karena saat itu pikiran udah kacau dan pengin cepet – cepet masuk venue, bahkan sampe tas gue dan sepatu gue putus gara gara kena desek desekan orang, yowman army kuat kuat banget, untung gue gak keinjek ya. Tapi semua kesel lelah emosi ilang begitu gue masuk venue dan dapet line kedua! Awalnya gue bingung mau ngambil sayap kanan senter atau sayap kiri tapi pilihan gue jatuh di sayap kiri dan jaraknya itu dekeeet banget sumpah worth it banger 1,5 juta dapet jarak segitu, muka orang aja masih jelas banget!
Sebelum konser di layar kanan kiri muterin MV mereka yang bikin army tambah histeris. Baru liat MV nya aja histeris apalagi aslinya. Dari mulai Save Me, BST, Spring day, kita singing along, sumpah ini indaaaahh banget.  Gue nyesel rekaman gue ilang isg…..

 
credit to sudaupdates 

cr to theseoulstory


MAIN COURSE!

Lampu dimatiin, army bomb dimana- mana orang – orang histeris, kemudian keluarlah VCR! DAMN The concert just begun! Gue bingung harus gimana, gue gak bisa fungsiin otak gue, gue ngeblank mereka nongol dari bawah stage dan gue insane haha oke ini lebay.  Gue gak percaya orang- orang yang selama ini Cuma gue denger suaranya  sekarang  mereka di depan gue, dan ya ampun beneran nyata mereka nelen cd kayaknya gak goyang sama sekali vocal mereka padahal dance nya energic banget dan  luar biasa sinkron, FIX MEREKA PERFECT. SOLO DANCE JUNGKOOK so damn lit guys! Beberapa orang disamping kanan kiri gue nangis sakin terharunya dan gue Cuma  nganga belum percaya mereka didepan mata gue. Pas pertengahan lagu Not Today volume musik  sempet dinaikin lho, mungkin karena army so  so loudy  Karena emang aku ngerasain teriakan army kenceng bgt gak Cuma pas di fanchant tapi emang nyanyi sepanjang lagu. Debak!

 credit to yani yunho

TALK!

Gue walopun di line depan section blue tapi sebenernya ada beberapa perkataan yang diomongin kurang jelas karena sumpah army super loudy banget! Tapi bahasa mereka kelas banget deh, apalagi Namjoon Bahasa inggrisnya keren banget asli menantu idaman banget deh.  Awalnya gue kira bakalan ada translator kayak konser biasanya, tapi daebak bangtan bener- bener kerja keras ngafalin Bahasa Indonesia pas sama intonasinya, padahal pas video greeting keluar gue ketawa ngakak gara gara intonasi mereka gak tepat banget apalagi si baby taehyung haha, my boys….

 cr to buttchimin

Lagu Kedua Am I Wrong, finally bey gue liat mereka ngedance nungging – nungging di depan mata, masha allah! Ngomongin masalah lagu ini yang pasti gak jauh- jauh dari highnote jiminie, ya ampun highnote dia beneran keren banget! Biasanya dia kan ragu-ragu gitu kayak pas di HYYH on Stage dia beberapa kali meleset akhirnya gak pd buat highnote, tapi kemarin luar biasa keren artinya jimin got his feeling, dia PD! Dan gue ngapain lagi kalo bukan teriak histeris!

 cr to cewekbanget

Crow Tit Astaga disini gue cuma konsen di dance nya hoseok,  astaga gue hamper lupa sama jimin karena pesona hoseok! DEMI ALLAH HOSEOK GANTENG BANGET IN REAL LIFE! Jujur gue gak tau setlist wings tour kemarin karena gue emang sengaja gak  nyari tau haha biar kejutan gitu, nyatanya gue kaget beneran haha! Hip Thrust Jung Hoseok pemirsa, kalo posisi gue di depan di mungkin gue udah pass out! Haha..

 credit to yeoldorado 14

Next, Heyoo Ladies and Gentleman owowo! DOPE! Dari intro aja udah panas banget, army udah kebakar banget, fanchant super loudy, Kim Namjoon! Kim Seokjin! Min Yoongi! Jung Hoseok! Park Jimin! Kim Taehyung! Jeon Jungkook! BTS! Dance nya super sinkron,  BTS ini emang luar biasa banget deh totalnya. Inget Dope pasti inget part  Enemy! Enemy! Enemy! Energy! Energy! Energy! Army gila sih semangatnya pas fanchant Choro~.

cr to cewekbanget

VCR!
Gue lupa VCR nya apaan, karena jujur sepanjang konser gue gak merhatiin vcr dan sekarang gue nyesel hahaha, abis konsentrasi gue kepecah pecah sama pemandangan army bomb yang super cantik dan army bomb gue yang tiba-tiba ngeredup sedangkan gue lupa dimana gue naroh batre cadangan haha, alhasil gue sibuk ngutak ngatik senjata perang gue saat tiba- tiba Intro Begin dimainin dan Maknae nongol, gue histeris. Apalagi keinget sejarah lagu ini gue tambah terharu ingin nangis tapi alhamdulillah bisa ditahan.

 cr to hyomooni

Next, Lie OMG My Cute Little pie jimin! Sumpah dia ini keren banget, suaranya gak goyang sama sekali, dan pas matanya ditutup gue seketika pengin jadi penutup matanyaaaaa kereeeen bangeeet gue sampe Cuma melongo doang liat solo stage jimin. Jimin ini bener – bener punya aura yang unik, dia cute tapi ketika udah serius dan seksi seluruh venue kehipnotis aja sama dia. Jujur awalnya gue ngeri jimin melenceng sama nadanya tapi ternyata dari semua fancam yang gue tonton setelah wingstour di negara negara lain, di Indonesia termasuk yang paling perfect,  seperti yang gue bilang sebelumnya dia dapet feelnya, dia kehipnotis akhirnya dia percaya diri, alhamdulillah baby!

 cr to cewekbanget

VCR! VCR ini udah kayak milik yoongi sorang- sorang dan menurutku ini vcr yang paling panjang dibandingin sama milik member lain. Abis Jimin siapa lagi kalo bukan fans terbesarnya jimin, Yep MIN YOONGI! Tau gak sih bagian terkeren dari solonya min yoongi itu lighting nya! Dan Pianonya! Aaak super romantic banget, cowok ganteng ngerap tapi di depan piano , astaga gue sampe teriak allahu akbar allahu akbar berkali kali sumpah gue yakin army lain yang denger suara gue pasti enek, haha maaf ya! Tadinya gue kira gue bkal nangis pas denger langsung yoongi ngerap, karena h- sekian sampe h-1 gue selalu dengerin nevermind sebelum tidur dan gue nangis, tapi ternyata gue gak nangis sama sekali, gue takjub tapi gue gak sampe nangis abis dia lucuk banget pas bagian I feel so nice mom I feel so nice haha

 cr to nur khamid


LOST! Vocal line unyu – unyu banget pake outfit merah, lagu ini emang enak banget ya apalagi dibawain live sama mereka sambil ngedance lucu banget. Yang gue takjub pas bagian ‘I will never lost my dream’ pada emosional banget udah berasa janji kalo gue gak bakal nyerah dan bangtan lo harus tau kalo lo penyemangat kita, aiiish ini keren banget gue suka banget teriakan army di bagian ini, nunjukin banget kalo bangtan ngasih pengaruh positif ke armys.

 cr to dyah eka mujiutari


Save Me! Begitu member lain keluar dan masuk intro army pada ribut “ Fan Project, Mana Banner Gue!” dan gue be like astaga banner ya mana banner gue! Dalam hitungan detik army se venue udah pada megang hand banner, pemandangan yang indah banget dan bikin gue terharu.

Hand Banner project

Gue sempet netting ah bangtan kayaknya gak notice nih, apa karena tulisan bannernya Cuma lirik mereka atau karena kita projectnya di tenga setlist lagu, karena abis save me langsung lanjut ke  I Need You. Fanchant Army bener bener loudy  dan gue terharu bangeeet ya allah, apalagi pas bagian ”THANK YOU URIGA DWEJOSO” Namjoon sampe ngacungin jempolnya berkali kali karena kita teriak sampe tenggorokan mau lepas rasanya haha.  

 cr to cewekbanget


I Need You, lagu paling bikin emo karena jadi inget first win bangtan! As Always Part openingnya yoongi jadi bagian army, ini seru banget ih selama ini Cuma bisa nonton di dvd kali ini gue berada di tengah tengah mereka dan ikut nyanyi openingnya yoongi. Dance I need you yang sexy abis bikin army menggila, asli ya bangtan’s dance not a joke banget, jangan tanya harmonizing mereka dan indahnya highnote jimin disini, he did it guys! Perfect tanpa celah, inilah kenapa gue kasih rate 9/10 buat konser wings tour di Jakarta! Mereka total banget!

 cr to cewekbanget

VCR!
Reflection! Kim Namjoon looks so good as always! Dia keren banget. Dan kalo lo nonton fancam reflection jangan dikira fanchant “kim namjoon kim namjoon kim namjoon we love you we love you” direncanain, seriously we did it not on purpose, ini spontanitas banget dan gak disangka armys kompak banget, gue liat Bahasa tubuhnya namjoon kayaknya menikmati banget dengerin fanchant kita.  Ini Keren Banget sumpah, salah satu moment yang gak bisa gue lupain pas konser kemarin.
Pas tampil namjoon naik ke extended stage gitu yang di ujung paling atasnya ada phonebox, pas udah abis lagunya namjoon masuk kesana dan wow muncullah si taehyung dari dalem, seketika gue keingat konsep shortfilm wings.

 cr to cewekbanget

STIGMA! Taehyung muncul dari phonebox, dari siluetnya aja udah keliatan sempurnanya, Ya Allah Ya Rabb suara taehyung ini bener –bener bagus, alus banget, jantan banget, sumpah suara dia enak banget that’s why he’s the vocalist. Awalnya gue sempet ngeri lagu ini kan banyak highnote dan falsetto takut dia melipir nadanya, tapi ternyata keren banget menurut gue diantara solo stage di adi negara lain di Indonesia termasuk yang sempurna banget. Mungkin aura army Indonesia yang antusianya banget bangetan bikin mereka dapet feel dan pd akhirnya antusiasnya jatoh ke mereka. Gue sih yakin kita para army ngasih aura positif buat buat bangtan, alhamdulillah ya.

 cr to cewekbanget
VCR! Gue sebenernya pengin review vcr nya tapi gue beneran lupa apa isi vcrnya sumpah haha yang gue inget Cuma teriak aja soalnya kehipnotis banget

Mama! Sumpah demi Tuhan Hoseok pemilik show malem itu. Jujur bias gue Jimin, hoseok emang dari dulu udah jadi bias wrecker dan pas antri konser kita sempet share- share gitu sama army lain dan kita smua ngakuin kalo 2017 itu tahunya jhope! Kalo dibilang lebaynya malem itu Hoseok the own of the stage! Satu, gue emang penasaran yang kata armys hoseok in real life gantengnya bukan main dan gak bisa di deskripskan pake kata-kata makanya gue penasaran banget sama dia, Dan WOW GUE SETUJU. Dia itu ganteng banget banget banget, gue gak seterkejut ini pas ngeliat jimin tapi pas hoseok gue kaget banget! Sumpah solo stage dia yang paling bikin keren, aura dia keliatan banget dan dia keliatan banget bahagia dunia akherat, tulus banget keliatan dia puas sama armys Indonesia,  totalitas dia di panggung bukan main. Respon army juga gak main main, apalagi lagu mama emosional banget. Dan gaes di lagu ini pertama kali gue nangis senangis- nagisnya, gue gak sadar kalo gue sampe nangis ngeliat hoseok dan kerja keras dia. Kanan- kiri gue nangis dan pas dia ngasih jeda di lagu dan lanjut nayanyi “hello mama” mata dia berkaca- kaca, gue bisa apa selain ikutan nangis? Im so proud of him! Dia beneran born to be the real star, dia pemilik panggung, dia raja malam itu, dan gue paling gak bisa move on dari solo hoseok! I love him so much, fix bias list gue berantakan!

 cr to chimsmochi

AWAKE! Siapa yang bilang jin gak bisa nyanyi sini berantem sama gue! Masha allah suara dia bagus banget, dan army yang singing along sepanjang awake bikin gue merinding, disini kedua kalinya gue nangis gak disangka sangka yang bukan bias gue malah yang bikin gue nangis. Sumpah gue gak bisa komentar apa- apa lagi tentang solo stage dia, definisi sempurna banget ya allah. Gue sayang banget sama jiiiindaaaaa!

 cr to yani yunho
VCR!
CYPHER PT 4! Bukan BANGTAN namanya kalo gak bikin hype army, begitu intro cypher army pada kehilngan kesadaran, haha gak deng. Rapper Line kings banget apalagi outfit mereka yang bikin gue tambah histeris, Namjoon pake kacamata guyssss gantengnya berlipat- lipat. Dan damn mata gue selalu ke Hoseok yang udah kerennya maksimal. Sebenernya gue rada sedih kenapa gak diselipin cypher 3 killer sih, lagu wajib banget ini mah udah jadi anthem gue, seandainya mereka bawain killer mungkin ice udah roboh kali yah aha, Part I LOVE I LOVE I LOVE MY SELF I KNOW IKNOW IKNOW MY SELF HEY PLAYA HATERS YOU SHOULD LOVE YOURSELF BRRRRH~~ INFIRES MAN!

FIRE! Bakar! Bakar! Venue kebakaran sama teriakanya army! Sumpah keren banget FIRE apalagi tata panggung lighting dan yaaaw api yang nyembur nyembuuur man kalo gue gak inget tanah gue udah melayang dah haha! ERRRBODY SAY LALALALA~~~~

 cr to chimsmochi

N.O/ NO MORE DREAM/BOY IN LUV/ DANGER/ RUN/ ini susah sih digambarin pake kata kata pokoknya keren banget, mereka berkali kali teriak pake Bahasa Indonesia, dan kebakarlah semua army jadi abu hah agak deng.

 cr to nabilatrrsydh
21 Century Girl ALL MY LADY PUT YOUR HANDS UP! Dan gue lihat secara langsung gimana hypenya yoongi pas bagian reff dia aaaak so cuteeeeeeeeeeeeee!

 cr to nabilatrrsydh
TALK!
Astg gue lupa mereka ngomong apa aja disini haha
Intro : Boy Meets Evils, Solo Stage Jung Hoseok! Ya Ampun bajunya ya sengaja banget dibikin nerawang ya, manusia histeris karena hoseok yang lagi lagi bikin stage sepenuhnya milik dia, dance dia gak diraguin lagi sih, makanya dia lead dance badanya lentur banget dan seksi abiiiiiiiiiiiiiisssssssss!
 cr to necheels
Blood Sweat Tears, pertama masuk intro gue jujur bingung karena ternyata musiknya digubah, gue be like lagu apaan nih? Khan gue bilang gue sengaja  gak pernah liat preview sebelum konser di Jakarta, pas masuk suara jimin baru gue ngeh OH NAE PI DAM NUNMUL~ AAAAAAAK~~~~ Jimin beneran sexy banget sih, leher dia pas dance patah patah kayak mau copot gitu haha. DAMN IT GUYS pas bagian wonhae manhi manhi suara JH udah sexy banget dan suara JK be like suara baby bunny yang butuh pelukan so cuteeeeeeeee


Akhirnya sampe Encore juga! Sebelum Encore sepeerti biasa VCR dan seperti biasa pula gue lupa apa isi VCR nya karena kita sibuk neriakin army di section depan yang gak mau matiin Army Bombnya. Fyi, fanproject kita disini, section Standing bikin lautan pink army bomb yang artinya peringatan 2 tahun HYYH album, section blue  Putih dan yellow kebagian merah. Masing masing section udah dibagiin plastic gitu buat cover Army bomb sesuai warna. Dan yang bikin emosi disini ketika beberapa orang secara gak sadar masih nyalain Army bomb jadi black ocean nya gak utuh gitu, akhirnya kanan kiri depan belakang pada teriak WOY MATTIN LIGHTSTICK WOY dan ranculah kita. Awalnya udah ngeri nih gak bakalan berhasil project tapi begitu masuk intro wings dan satu persatu bikin army bomb wave wow keliatan cantiiiik banget walopun gue yakin bangtan gak ngerti maksudnya apaan karena beberapa orang emang gak pakae ls.  

 cr to cewekbanget

Outro Wings ini membuka suasana konser jadi haru biru bikin pengin nangis, gue gak bisa berkata- kata, liat aja videonya ya, jangan nangis anw:
Abis wings sebenernya ada fanproject, yaitu nyanyi refftrain I need you terus dilanjutin ngucapin happy two years anniversary hyyh tapi kayaknya disini miskom akhirnya project ini gagal. Gue hamper mau nyanyi tapi loh kok kaga ada yang nyanyi yaudah akhirnya gue diem, dan gue yakin mereka semua juga mikir kayak gini alhasil kagak adalah yang nyanyi dan keburulah mas agus ngomong hahaha .

TALK, mereka ngomongin gimana sayangnya mereka ke army dan nyampein kata kata terakhir sebelum perpisahan, asli ini sedih banget perasaan baru mulai tadi tau tau udah mau abis aja endingnya rasanaya pengin lagi gitu gak ikhlaaas. Lucunya si jimin ngomong aku kangen kalian kayak malu malu gitu ya allah pengin gue karungin terus bawa balik kasih ke mama, si taehyung juga ngomongnya lucuu banget, dan namjoon as always Bahasa inggris dia keren banget. Jin sama JH juga nglawak pake permainan kata gitu, jadi si jin tiba tiba ngeluarin potongan tissue yang ngebentuk love dari saku, histerislah army kemudian si jh nyamperin jin bilang jinta, maksutnya permaimnan dari kata jin ke jinta gitu ahahah gue juga baru sadar setelah konser selese. Yang paling gue suka disaat yang lain bilang aku cinta kamu si yoongi dengan manisnya bilang aku sayang kamu aaaaswfdfgfjmhgdfu..

 cr cewekbanget

2! 3! Lagu ini bikin gue nangis ketiga kalinya, selama ini gue Cuma nyanyi betapa ngerasainya bangtan gak pengin kita nginget nginget yang bikin sakit hati, sekarang gue ada di depan mereka nyanyi bareng sama mereka dan mereka bener bener ngebawainya apenuh perasaan banget, mau ngapain lagi kalo bukan nangis kan? Oya, disini juga ada fanproject yang harusnya dimulai pas yoongi teriak pas akhir tapi mungkin karena kita udah nyanyi versi kita sedang bangtan masih nyanyi versi aslinya, jadi kedengeran rancu banget. Alhamdulillah bangtan ngasih space lagi buat kita nyanyi 2!3! akhirnya kedengeranlah project kita yang alakajhd gue nangissssss, mereka nyopot kuping mereka dan ngedengerin kita bahkan sampe kita ngulang dua kali bagian keduanya, dimana liriknya secakep im believe in you bangtan aw. Paliiing romantisnya mereka yang harusnya lanjut ke spring day malah nungguin kita selesin nyanyi dulu ya allah disini maniiis banget gimana gak makin cinta??? Dan reaksi taehyung sama hoseok ya allah gue puas banget!

 cr to yani yunho

Spring day, yang paling romantic dari spring day adalah pas bagian uuuuuu~ uuuuu~ yang kayak di mv diulang diulang terus sampe ending sampe mereka keliling panggung say thanks sana sini kita udah kayak jadi pengiring music mereka uuuuu~ uuuuuuu~ uuuuuuuuu~ gue merebes mili, ini moment indahhhh banget gue yakin bangtan touched deh.

Di ending Jimin  notice kita! Jadi kan gue duduk di line 2 dan itu keliatan banget, jimin stay di sayap kiri lamaaa banget terus kita teriak –teriak jiminiiie jimiiiin jiminaaaah sambil tangan kita ngebentuk love terus dia ngebales ngasih love ke kita aaaw mati gueeeeeee! Abis itu namjoon yang ngasih flying kis ke kita dan you know what gue juga ngasih flying kiss disaat yang bareng banget pas dia flying kiss. Ketiga taehyung omg dia ini yang paling lama stay ke section gue dan merhatiin kita penuh cintaaaaa bgt anjir gue nyaris kecabut nyawanya ya allah aslinya taehyung itu cakep banget, teges banget kayak di anime anime, we don’t deserve him sumpah dia terlalu perfect. Kalo menurut gue yang sering stay ke section gue sih hoseok sih, dia bener bener serring bgt ngeliat kearah kita mungkin karena dari section gue pada demen teriak jeihoppppppp dari awal sampe akhir kali ya?


Mereka juga notice fanproject kita,  namjoon yang minta ngangkat banner kita pas talk dan ngebaca tulisan di banner, terus mereka nyanyi bait save me lagi duh gue tau mereka gak pengin kita kecewaaaaaa sampe segininya krn project save me nyempil di tengah lagu yg gak mungkin langsung mereka respon. Hoseok yang ngambil salah satu banner army nyium lalu dikasih ke army lain, dia juga ambil spring rose terus dikasihin ke army duuuuh sayang mereka.  Jin yang paling bikin bikin heboh, dia flying kiss  dan seisi venue hamper roboh karena hentakan kaki kita yang hampir gak napak dan gejuk bumi sana sini gara gara flying kiss jin.

Akhirnya setelah hormat sana sini gue mulai sedih karena gue gak tau kapan lagi mau ketemu mereka. Satu persatu mereka ilang dari stage dan kita Cuma bisa melongo. Gak pengin balik, pengin stay, pengine nginep di venue hahaha.  Tapi akhirnya keluar juga sih dari venue karena tuntuan harus ke toilet haha. Perasaan gue kosong hampa gak tau hidup gue arahnya kemana lagi, fix Post Concert Depression aja udah.

Konser kelar tepat waktu padahal gue berharap molor haha, keluar dari venue suasana ramee banget, dan lo  pasti bakal ngerasain haus laper kebelet yang tadi gak lo rasain sama sekali. Inilah fungsinya lo nyimpen makanan dan minuman di tas karena pasca konser minuman dijual gila gilaan sebotol 10 rb itupun bukan akua, ntap kan?

Seperti tips gue diatas, daripada pusing mikirin balik gimana mending nyantai nyantai dulu di sekitaran ice karena banyak loh freebies dan lumayan bisa ngilangin setres seabis konser karna lo pasti gak pengin balik haha. Yang bikin gue tambah sedih sepuluh menit setelah keluar dari venue gue dapet kabar kalo bangtan udah di bandara LIKE WHAT THE FUCK PAKE BUROQ kah mereka tau tau udah nyampe soetta? Gue aja baru kelar ke toilet guuuuyyyysssss, gue gak ngerti gimana cara mereka nembus macetnya sekitaran ice tau tau udah di bandara? Seketika ilanglah gairah hidup gue, yah udah jauh lagi dong? Udahlah uring uringan gue hahahahah.

Fyi gue baru dapet grab sekitar jam satu itu juga udah susah banget abangnya ngeselin dan ajkdhyaggh gue males debat udah capek yaudahlah asal gue sampe kosan! Malem paling membahagiakan udah abis dan gue rasa ini gak akan pernah gue lupain

Rate: 9/10 Yang 9 pasti banget karena hardwork bangtan, mereka beneran total dan keliatah banget puas sama kita, selebihnya karena faktor promotor yang kurang ini itu. Secara venue gue puas banget, walopun denger denger red hectic banget tapi ya bukan konser namanya kalo gak hectic bagian standingnya apalagi mereka pasti berebut pengin dinotice oppa,yakan? Hidup ini emang berat men! Tapi panitia juga keliatan kewalahanya banget, mulai dari yang ngatur barisan, ngasih nomor yang useless banget sampe keamananya yang banyak miskom sampe beberapa orang yang  harus debat karena si petugas A sama petugas B  ngasih info yang beda. Secara umum gue puas banget, karena bangtan total banget! Dear ime Indonesia, hope you guys will be better in the future event thanks for bringing bangtan here, that was the most beautiful moment in my life!
Dear Bangtan thanks for the goods memories, I love you!

Huft what a super loooong review anw, next time mau bahas masalah PCD the wings tour, lets stay healthy an hope you guys will recover from PCD soon!
Let me know about your wings tour experience by comment bellow Armys!

2 comments

  1. baru baca sekarang, sumpah aku ikut terharuu makasih udh nulis blog inii

    ReplyDelete